KEGIATAN BIDANG SOSIAL BUDAYA DI SD NEGERI 1 BEBETIN DALAM RANGKA PENDIDIKAN KARAKTER

29 Juli 2022 21:19:10 WITA

Jumat, 22 Juli 2022 telah dilaksanakan suatu bentuk kegiatan kolaborasi dengan Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) Desa Bebetin dalam rangka Pendidikan karakter untuk murid kelas 4, kelas 5, dan kelas 6 SD Negeri 1 Bebetin. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program tambahan dari Bidang Sosial Budaya KKN – PPM Desa Bebetin. Urgensi dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah agar murid-murid SD Negeri 1 Bebetin dapat memahami nilai-nilai budi pekerti dari hal kecil, yaitu kejujuran. Selain itu, pihak sekolah juga mengalami permasalahan dalam mendidik karakter untuk murid yang sedang terkena kasus pencurian uang.

Kegiatan Pendidikan Karakter dilaksanakan di ruang Aula SD Negeri 1 Bebetin dan dihadiri oleh seluruh murid dan guru kelas 4, kelas 5, kelas 6, Bapak Aipda Cening Darmayasa selaku Bhabinkamtibmas, Ibu Ni Luh Desy selaku Kepala Sekolah SD Negeri 1 Bebetin, dan 12 orang mahasiswa KKN – PPM Desa Bebetin. Kegiatan ini diawali oleh sambutan Ketua KKN – PPM Desa Bebetin, lalu sambutan Ibu Desy dan diakhiri sambutan oleh Bapak Aipda Cening Darmayasa sekaligus dibuka oleh beliau. Adapun tahap susunan acara yang telah dilaksanakan, meliputi:

  1. Pemaparan oleh Bapak Aipda Cening Darmayasa, yaitu Mengetahui, Mencintai, dan Melakukan Kebaikan.
  2. Ice breaking dengan tebak gambar yang dipandu oleh Nyoman Putri Artiwi dan Reynold Hutabarat. Kegiatan ini memiliki antusiasme tinggi dari murid serta guru yang ada di ruang Aula SD Negeri 1 Bebetin.
  3. Pemaparan materi oleh Made Tia Buana, yaitu Pentingnya Kejujuran. Kegiatan tersebut menitikberatkan bagaimana bersikap jujur dalam menempuh Pendidikan. Setelah itu, diputarkan video tentang kejujuran.
  4. Tidak dapat dilaksanakan kegiatan sharing session dengan tema kejujuran karena cuaca mendung, sudah hujan gerimis, dan tidak mendapatkan waktu tambahan dari pihak sekolah. Pada faktanya kegiatan tersebut mengalami keterlambatan karena pihak sekolah dan Bhabinkamtibmas sedang mediasi dalam menangani salah satu murid kelas 6 yang bermasalah. Kegiatan sharing session pada dasarnya akan dilaksanakan di luar ruangan Aula, yaitu di lapangan sekolah dan akan dipandu oleh Eva Natalia Ikun dan Wisnu Putra.
  5. Kegiatan permainan tradisional kuda bisik yang dipandu oleh Dian Islamiati dan Fatma Komalasari. Kegiatan kuda bisik ini juga sebenarnya dilaksanakan di luar ruangan. Akan tetapi, teman-teman mahasiswa mengatur kembali sistem permaianan kuda bisik untuk di dalam ruangan.

Kegiatan tersebut ditutup oleh Ibu Ni Luh Desy, selaku Kepala Sekolah SD Negeri 1 Bebetin dan seluruh murid diarahkan untuk pulang ke rumah masing-masing.

Komentar atas KEGIATAN BIDANG SOSIAL BUDAYA DI SD NEGERI 1 BEBETIN DALAM RANGKA PENDIDIKAN KARAKTER

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Jam

Lokasi Bebetin

tampilkan dalam peta lebih besar