LOMBA SUBAK ABIAN ANANTA SARI - DESA BEBETIN (5 Desember 2019)

12 Desember 2019 13:11:19 WITA

Subak adalah organisasi tradisional dibidang tata guna air dan atau tata tanaman di tingkat usaha tani pada masyarakat adat di Bali yang bersifat sosioagraris, religius, ekonomis yang secara historis terus tumbuh dan berkembang (Perda Provinsi Bali No. 9 Tahun 2012)

Lomba Subak Abian Ananta Sari Desa Bebetin maju mewakili Kabupaten Buleleng dalam Lomba Subak Abian Tingkat Provinsi Bali. Adapun yang menghadiri perlombaan tersebut diantaranya : Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng, Tim Pembina Subak Abian Provinsi Bali, Tim Pembina Subak Abian Kabupaten Buleleng, Tim Pembina Subak Abian Kecamatan Sawan, Camat Sawan, Muspika, Pj. Perbekel Bebetin, Kelian Desa Adat Bebetin, seluruh instansi adat lan dinas Desa Bebetin.

Kegiatan ini meliputi pembinaan dan sekaligus penilaian dari Tim Pembina Subak Abian Provinsi Bali, dimulai dari Parahyangan mengenai pelaksanaan upacara yadnya di subak, Pawongan mengenai administrasi subak yaitu awig-awig, ekalikita, purana tatwa, ilikita perarem penyacah awig, ilikita perarem pangele, ilikita panepas wicara, dan administrasi yang lainnya, juga disertai dengan simulasi paruman atau rapat. Sedangkan di Palemahan dilaksanakan pengecekan mengenai batas wilayah subak, tanaman dan hal-hal yang lainnya.

Komentar atas LOMBA SUBAK ABIAN ANANTA SARI - DESA BEBETIN (5 Desember 2019)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Jam

Lokasi Bebetin

tampilkan dalam peta lebih besar