Menjaga Lingkungan Merupakan Bagian Dari Tri Hita Karana

18 November 2020 13:29:25 WITA

Kebersihan lingkungan memiliki peran yang  penting dan tidak akan pernah dipisahkan dalam kehidupan manusia. Menjaga kebersihan lingkungan sama artinya menciptakan lingkungan yang sehat. Tidak hanya di bidang kesehatan, kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan. Semua ini dapat kita raih dengan melakukan hal kecil dan sederhana, mulai dari menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita.

Kebersihan lingkungan dimulai dari lingkungan rumah dan tempat kita bekerja. Untuk tempat kerja, menciptakan suasana ruang kerja yang bersih, rapi dan indah sehingga kita nyaman dalam melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari. Hal yang tidak kalah penting  adalah menanam tanaman. Tanaman mempunyai banyak fungsi yaitu sebagai penyaring debu, penyimpan air tanah, penyejuk dan pendingin alami. Selain itu tanaman juga dapat dijadikan sebagai taman yang akan memberikan suasana asri dan indah lingkungan sekitar kita. Menjaga lingkungan merupakan aspek yang sangat penting dalam nilai-nilai Tri Hita Karana khususnya pada unsur Palemahan. Pengelolaan lingkungan hidup yang diselenggarakan dengan asas tanggung jawab, asas keberlanjutan, dan asas manfaat bertujuan untuk mewujudkan pembangunan masyarakat yang beriman dan bertakwa kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Berbicara tentang lingkungan, Pemdes Bebetin berusaha melakukan hal hal sekecil apapun itu demi kenyaman kita bersama seperti halnya kegiatan pembersihan di halaman dan disekitar kantor, di halaman kantor terdapat kebun kecil yang ditanami jenis-jenis tanaman pangan yang dahulunya dirombak dari jenis tanaman hias menjadi tanaman pangan seperti buah tomat, terong, timun, kacang yang nantinya dapat dinikmati bersama.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Jam

Lokasi Bebetin

tampilkan dalam peta lebih besar