Bimbingan Teknis Posyandu Banjar Dinas Tabang Desa Bebetin

23 Februari 2023 10:28:24 WITA

Rabu_22 Februari 2023 

Posyandu merupakan perpanjangan tangan Puskesmas yang memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu. Menurut Effendy (1998), Posyandu merupakan forum komunikasi, alih teknologi dan pelayanan kesehatan masyarakat, dari oleh dan untuk masyarakat yang mempunyai nilai strategis untuk pengembangan sumber daya manusia sejak dini. Posyandu adalah pusat pelayanan keluarga berencana dan kesehatan yang dikelola dan diselenggarakan untuk dan oleh masyarakat dengan dukungan teknis dari petugas kesehatan dalam rangka pencapaian norma keluarga kecil bahagia sejahtera.

Posyandu yang terintegrasi adalah kegiatan pelayanan sosial dasar keluarga dalam aspek pemantauan tumbuh kembang anak. Dalam pelaksanaannya dilakukan secara koordinatif dan integratif serta saling memperkuat antar program dan kegiatan untuk kelangsungan pelayanan di Posyandu sesuai dengan situasi/kebutuhan lokal yang dalam kegiatannya tetap memperhatikan aspek pemberdayaan masyarakat.

Posyandu memiliki banyak manfaat untuk masyarakat, di antaranya: 1. Mendukung perbaikan perilaku, keadaan gizi dan kesehatan keluarga, 2. Mendukung perilaku hidup bersih dan sehat, 3. Mendukung pencegahan penyakit yang berbasis lingkungan dan penyakit yang dapat dicegah dengan immunisasi, 4. Mendukung pelayanan Keluarga Berencana, 5. Mendukung pemberdayaan keluarga dan masyarakat dalam penganekaragaman pangan melalui pemanfaatan pekarangan untuk memotivasi kelompok dasa wisma berperan aktif.

Sasaran Posyandu adalah seluruh masyarakat/keluarga, utamanya adalah bayi baru lahir, bayi, anak balita, ibu hamil, ibu menyusui, ibu nifas, PUS, remaja dan Lanjut Usia (Lansia). Pelaksana Posyandu adalah kader yang difasilitasi petugas. Kader Posyandu yang ada di Desa Bebetin berjumlah 30 orang dimana setiap banjar dinas (6 banjar dinas) terdapat masing-masing 5 orang kader posyandu.

bertempat di Bale Banjar Dinas Tabang diselenggarakan Bimbingan Teknis Program Gizi, dimana dalam kegiatan tersebut dihadiri dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali sejumlah 3 orang, Dinas Kesehatan Kabupate Buleleng sejumlah 1, Petugas Puskesmas 2 orang, Perangkat Desa, Kelian Banjar Dinas Tabang, Bidan Desa Bebetin dan Kader Posyandu Banjar Dinas Tabang. Dalam bimbingan teknis tersebut ditegaskan kembali tentang pencatatan dan pelaporan data posyandu, PMT Balita serta arahan alat-alat posyandu yang sesuai standar.

Keberhasilan pengelolaan posyandu memerlukan dukungan yang kuat dari berbagai pihak, baik dukungan moril, materil, maupun finansial. Selain itu diperlukan adanya pengabdian para pengelolanya termasuk kader. 

Komentar atas Bimbingan Teknis Posyandu Banjar Dinas Tabang Desa Bebetin

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Jam

Lokasi Bebetin

tampilkan dalam peta lebih besar